Home » Gaya » 5 Tips Cara Memilih Dan Mengetahui Batu Akik Yang Bagus Dan Asli

cara memilih batu akik

Skelat.com, – Batu akik yang saat ini sedang menjadi primadona di tanah air tentunya juga menarik perhatian anda. Jika anda seorang yang baru pertama kali mengenal batu akik tentunya mengalami kesulitan dalam mengenali atau memilih mana yang baik dan apakah asli atau hanya imitasi. Untuk itu ada beberapa hal atau cara memilih yang harus anda perhatikan agar akik yang anda miliki benar memiliki kwalitas yang bagus.

Salah satu yang bisa anda lakukan adalah mengetahui bahan baku atau bongkahan (rough) batu akik yang akan anda beli dan buat untuk anda. Karena jika anda mengetahui sejak awal bahan bakunya maka kemungkinan anda mendapatkan batu akik yang benar – benar berkwalitas semakin besar. Dan anda bisa melakukan langkah ini untuk semua jenis batu akik seperti bahan batu bacan, batu giok, kalimaya atau akik jenis lain yang banyak ditemukan di pasaran.

Jika anda masih benar – benar awam mengenai pengenalan karakteristik batu akik yang bagus, berkwalitas dan asli, lakukan langkah beriku ini.

Mengenali jenis batu

  • mengenali terlebih dahulu karakteristik dan jenis batu akik yang akan dibeli. Sebagai contoh ciri fisik dari batu giok, memiliki warna hijau. Akan tetapi ternyata tidak semua batu berwarna ini merupakan batu giok. Untuk itu jika memang anda benar – benar buta mengenai hal ini, dalam memilih batu akik bisa dengan meminta teman atau saudara yang bisa dipercaya dan sudah faham betul mengenai batu akik.

Kepercayaan

  • Karena batu akik atau permata saat ini begitu booming dan diikuti nilai keekonomian yang juga bagus, muncul banyak penjual batu akik. Untuk itu kepercayaan pada penjual akik merupakan salah satu hal terpenting dalam membeli dan memilih batu akik. Untuk itu anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau kenalan anda yang sudah terlebih dahulu tau dan mengenal batu akik, agar anda benar – benar mendapatkan batu akik yang berkwalitas dari seorang penjual yang terpercaya.

Tingkat kekerasan Batu

  • Tingkat kekerasan sebuah batu akik adalah salah satu tolok ukur kwalitas dari sebuah batu. Semakin keras maka semakin tua dan baik kwalitas yang dimiliki.

Senter

  • Senter merupakan salah satu alat yang cukup vital kegunaannya, terutama digunakan untuk memerikasa atau mengetahui kristal batu. Yang diperiksa adalah apakah sebuah batu akik tembus cahaya atau tidak. Langkah ini juga digunakan untuk mengetahui serat batu alami yang terdapat di dalam sebuah batu akik sehingga bisa diketahui kwalitas sebuah batu akik.

Sertifikat

  • Sertifikat merupakan salah satu bukti otentik yang bisa digunakan untuk membuktikan keaslian sebuah batu. Dan pada saat ini sudah banyak batu-batu berkualitas yang sudah mendapat sertifikat dari laboratorium gemologi yang bertujuan untuk memberikan bukti keaslian dan kwalitas sebuah batu akik.

Dan yang paling penting adalah berhati – hati dalam membeli batu akik atau batu mulia lainnya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada yang lebih ahli dan sudah benar – benar mengenali dunia “perbatuan” agar anda tidak menjadi korban pihak yang tak bertanggung jawab.

, , ,
SHARE WITH FRIENDS:  
        
          

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *